JUAL DRUMBAND DAN MARCHINGBAND

Tips seputar peralatan drumband dan Tips keluarga

Alat musik yang digunakan dalam pertunjukan Marchingband

Merupakan sekelompok orang yang membentuk barisan dengan mengombinasikan beberapa instrument alat musik dalam sebuah melodi lagu. Dalam pertunjukan marchingband terdapat beberapa alat musik, seperti alat musik tiup, perkusi dan instrument pit. Pada umumnya marchingband dipimpin oleh satu atau dua orang yang memandu berjalannya sebuah pertunjukan. Pemandu ini bertugas mengatur pemain dalam baris berbaris untuk membentuk sebuah formasi dengan pola tertentu berdasarkan koreografi yang sesuai dengan lagu yang sedang dimainkan dan diiringi dengan aksi tari oleh barisan pemain bendera.

Komposisi alat tiup atau brass section terdiri dari logam dan kayu. Arahnya tidak menghadap ke depan semua. Dalam pertunjukkan marching band Perbandingan alat tiup dan perkusi seimbang. komposisi musik sudah mementingkan kualitas musikalitas, namun tidak terlalu dipentingkan dalam baris berbaris.

Beriku ini adalah alat alat yang digunkana dalam sebuah pertunjukan Marching Band,

  1. Snare

Merupakan drum yang dilengkapi dengan tali yang ditata sedemikian rupa dan direntangkan secara melintang pada membran yang terletak dibagian bawah. Snare terbuat dari kabel baja atau plastik.  Snare berfungsi sebagai instrument penentu untuk menentukan ketukan dalam bentuk ritme.

  1. Bass drum

Merupakan instrumen drum termasuk kedalam instrumen musik perkusi yang mempunyai diameter berukuran besar untuk menghasilkan suara dalam  nada rendah. Bass Drum berfungsi sebagai penentu ketukan namun hanya mengambil pada irama sebagian besarnya saja.

  1. Terompet

Adalah alat musik tiup yang terbuat dari logam. Terompet dalam sebuah marchingband digunakan sebagai soprano pada umumnya memainkan sebuah melodi lagu.

  1. Baritone Horn/ Euphonium

Euphonium atau yang biasa disebut dengan baritone dalam marching band didesain khusus dengan corong menghadap kemuka dan pada umumnya dilengkapai dengan tiga katup. Baritone Horn berfungsi untuk mengisi suara dalam rentang nada baritone.

  1. Stick Mayoret

Merupakan tongkat yang digunakan oleh seorang mayoret. Mayoret merupakan pemandu dalam sebuah pertunjukan marchingband. Dia bertugas memandu berjalannya pertunjukan seperti mengatur lagu yang akan dimaiankan, memandu pemain dalam baris berbaris untuk membuat sebuah formasi koreografi yang telah ditentukan sesuai dengan melodi lagu serta diiringi aksi para barisan pemain bendera. Stick mayoret disebut juga dengan baton.

  1. Kuarto Tom-tom

Merupakan alat musik yang terdiri dari empat buah tom yang dimainkan oleh satu orang. Alat musik ini digunakan untuk memberikan irama dan nada ritmis. Biasanya dimainkan untuk membuka permainan marchingband dengan irama ketukannya.

  1. Bellyra/ marching bells

Yaitu alat musik yang digunakan dengan cara memukulkan stick bellyra pada lyra atau deretan bilah-bilah logam besi dengan melodi tertentu. Setiap lyra mempunyai nada tersendiri. Bellyra merupakan symbol keharmonisan dalam sebuah pertunjukkan marching band.

  1. Symbal

Merupakan alat musik yang terbuat dari logam. Symbal dimainkan dengan cara dipukul, dalam marching band symbal dimainkan dengan memukulkan lempengan yang satu dengan yang lain. Symbal berfungsi sebagai variasi untuk menimbulkan suara desis dalam sebuah pertunjukkan marchingband.

  1. Bendera

Merupakan sepotong kain yang dibentuk sesuai mode yang diinginkan. Dalam sebuah permainan marchingband bendera dipegang oleh barisan pemain tari.  Bendera digunakan untuk melakukan aksi tari supaya menimbulkan efek visual tertentu yang akan bermanfaat untuk mendukung penampilan marchingband. Selain itu bendera juga bias diaplikasikan sebagai aksesori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JUAL DRUMBAND DAN MARCHINGBAND © 2017 Frontier Theme